Text
Manajemen Perubahan Komunikasi dan Komitmen Organisasional
Seorang bijak mengatakan bahwa di dunia ini hanya dua yang pasti, yaitu Yang Mahapasti dan ketidakpastian itu sendiri. Karena manusia selalu berada dalam ketidakpastian, maka mereka harus kompromi dengan ketidakpastian itu, yang salah satu bentuk dominannya adalah perubahan. Perubahan terkadang menakutkan karena menuntut adanya serangkaian persyaratan dan kompetensi baru untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Ketika sebuah kebijakan perubahan akan digulirkan, biasanya anggota organisasi akan terbagi menjadi dua, yaitu kelompok yang siap untuk mengikuti perubahan dan kelompok yang retensi terhadap perubahan. Untuk mengurangi ketegangan organisasional karena perubahan, maka organisasi perlu mengelola perubahan secara terencana dan melibatkan anggota organisasi. Salah satu contoh dari kebijakan perubahan adalah berubahnya sistem pemberian kompensasi dari konvensional menuju sistem remunerasi.
Salah satu faktor yang efektif mempengaruhi persepsi terhadap perubahan adalah bagaimana cara mengelola komunikasi antara manajemen dengan anggota organisasi. Ketika kebijakan perubahan tersebut dikomunikasikan secara terbuka, kekhawatiran anggota ditanggapi secara proporsional dan solutif, maka akan tercipta persepsi yang baik terhadap perubahan. Persepsi terhadap perubahan yang positif akan berpengaruh pada sikap terhadap perubahan. Seseorang yang semula bersikap apatis terhadap perubahan akan mengubah sikapnya dan termotivasi untuk menyiapkan diri menyambut perubahan. Di sisi yang lain, persepsi positif terhadap perubahan juga mengakibatkan tumbuhnya komitmen anggota perusahaan untuk tetap bertahan pada tempat bekerjanya saat ini. Sikap yang semakin positif terhadap perubahan serta komitmen yang terbangun pada akhirnya akan mempengaruhi rendahnya resistensi terhadap perubahan.
Buku yang lahir dari penelitian ini menguji sebuah model keterkaitan antara komunikasi organisasional, persepsi terhadap perubahan, komitmen organisasional serta resistensi terhadap perubahan bagi tenaga kependidikan pada sebuah PTN di Jawa Tengah. Bahasan dalam buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang tertarik pada kajian manajemen perubahan, bagi para akademisi sebagai tambahan sumber kepustakaan, serta para praktisi ketika ingin menerapkan sistem remunerasi pada organisasinya.
Buku ini terdiri dari beberapa bab Pembahasan, diantaranya:
Bab I. Pendahuluan
Bab II. Mengupas Relevansi Kajian (Renumerasi dan Perubahan, Komunikasi, Persepsi Perubahan Organisasi, ..)
Bab III. Tindak Lanjut (Desain Penelitian, Populasi, Sampling, Definisi Operasional dan Pengukuran Variabel)
Bab IV. Penguraian Temuan (Analisis Deskriptif, Validitas, Analisis SEM,…)
Bab V. Penutup
Buku Manajemen Perubahan, Komunikasi, dan Komitmen Organisasional (Efek Kebijakan Remunerasi Pada Tenaga Kependidikan Sebuah PTN) ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.
Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Deepublish. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.
Tidak tersedia versi lain