Text
Strategi Diversifikasi dengan Canvas Model
Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang memilih untuk membuka bisnis sendiri dibandingkan bekerja di bawah perintah orang lain. Tentunya membangun bisnis sendiri tidak sesederhana yang dipikirkan. Calon pebisnis harus mampu melihat peluang pasar yang ada pada produk atau jasa yang mereka tawarkan. Sebelum memulai bisnis, kita harus menentukan produk atau jasa apa yang kira kira dapat memiliki peminat yang banyak. Apakah produk atau jasa itu akan menyelesaikan permasalahan sehari-hari masyarakat? Ataukah produk atau jasa itu sangat jarang ada sehingga masyarakat kesulitan untuk mencarinya?
Setelah ide bisnis muncul, tentu kita harus melakukan strategi bisnis tentang bagaimana dan aspek apa saja yang berada dalam lingkup bisnis yang akan kita jalankan. Business Model Canvas adalah salah satu dari manajemen strategi bisnis yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk menggambarkan, mendesain kemudian mengerucutkan beberapa aspek bisnis menjadi satu strategi bisnis yang utuh.
Business Model Canvas memuat beberapa elemen yang menggambarkan bisnis kita dengan ringkas, jelas, padat, dan mudah dimengerti. Elemen yang terdapat pada Business Model Canvas ini sendiri adalah customer segments, value propositions, channels, customer relation, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure.
Tidak tersedia versi lain